Kamis, 14 Oktober 2010

wisata kuliner banyumasan

Mendoan dan Keripik
Makanan banyumas yang asli adalah mendoan, suatu tempe goreng setengah matang dan di makan dengan meggunakan cabe rawit panas-panas. Jika mendoan secara penuh digoreng kering disebut keripik . Banyumas juga dikenal sebagai kota keripik, sebab hampir sukar untuk temukan keripik di manapun diluar kota Banyumas.


Dage.
Dage adalah makanan sebagai varian tempe dengan campuran material kelapa. Dage pada umumnya makan makanan kecil atau sarapan yang ditemani oleh cabai rawit . Makanan ini biasanya menjual digoreng dage bersama dengan menggoreng pisang (gedhang) goreng, dan menggoreng ubi manis atau munthul goreng. Makanan itu adalah rasa eksotis.

Gudeg Purwokerto
Gudeg biasanya menunjuk makanan asli dari Yogyakarta, tetapi Purwokerto juga mempunyai gudeg yang berbeda. Gudeg purwokerto dijual sekitar jam 7 pagi dan akan dijual habis di sekitar jam 10 pagi. Gudeg ini Purwokerto, terdiri dari beberapa campuran: ayam, telor, tahu dan krecek tergantung pada piilihan mu, dan dapat di bungkus untuk dimakan di rumah

Serabi
Serabi terbuat dari campuran santan dan gula jawa yang dibakar. Rasa serabi nya adalah terkenal dan tak terlupakan juga. Kadang-Kadang, antrian yang dibentuk hanya untuk mencicipi serabi pagi-pagi. Serabi nya akan dijual habis di sekitar 7 ke 8am.

Gethuk Sokaraja
Gethuk menjadi keahlian khusus makanan kecil makanan yang kelihatan seperti bola kecil dengan rasa sangat manis, gethuk banyak dijual di kota Sokaraja (sekitar bagian timur kota Purwokerto). Karena kebanyakan toko di Sokaraja menjual gethuk, Sokaraja terkenal sebagai kota gethuk.


WARUNG SOTO KECIK SOKARAJA
Anda pernah beli gethuk goreng di daerah sekitar Sokaraja? Nah, di antara sederetan toko oleh-oleh di daerah Sokaraja terdapat sebuah warung soto Banyumas yang sudah terkenal. Namanya WARUNG SOTO KECIK SOKARAJA. Kalau Anda meluncur dari Purwokerto ke Sokaraja, warung soto ini terletak di sebelah kanan jalan kira-kira berada di tengah pusat pertokoan oleh-oleh gethuk goreng.

Warung Bakmi Nyemek Bu Seto
Bagi Anda yang sering melakukan perjalanan darat lewat jalur selatan, tentu pernah mampir ke warung mie ini. Warung bakmi ini terletak di pinggir jalan raya tepatnya tidak jauh dari perempatan wijahan,  Kec. Kemranjen Banyumas. Warung Bakmi Nyemek Bu Seto namanya. Kalau pas waktu lebaran atau pas liburan sekolah, banyak sekali pengunjung yang mampir baik yang memakai mobil maupun kendaraan bermotor roda dua.  Kalau Anda suka makan mie atau Anda kebetulan sedang bosan makan yang biasa-biasa saja 


sumber :  banyumaspromo.info
               www.inyonge.com 

0 komentar:

Posting Komentar