Rabu, 13 Oktober 2010

MAHASISWA DAN KEUANG

Kamu sedang menjalani kuliah kamu dan keuangan kamu sangat ketat. Berikut ada beberapa tips yang bisa menolong kamu untuk mengatur keuangan pribadi untuk seorang mahasiswa:
 
cara pertama

• Pertama – tama adalah kita harus membuat catatan atau daftar pengeluaran yang rutin terjadi selama 1 bulan seperti Bayar Kost (untuk menghemat pengeluaran usahakan untuk mencari lokasi kos yang terdekat dengan kampus sehingga tidak akan membutuhkan biaya transport tambahan untuk pergi ke kampus) , Transport, Makan, Pulsa
• Selanjutnya buat catatan atau daftar pengeluaran yang mungkin akan terjadi atau bisa disebut pengeluaran tidak terduga seperti biaya ke warnet, foto copy.
• Sebisa mungkin sisihkan sedikit uang setiap bulannya untuk menabung, tabungan ini akan sangat membantu dibulan-bulan berikutnya apabila ada keperluan mendesak dan sangat penting sementara kita sama sekali tidak memiliki uang. Agar tabungan ini tidak bisa diambil seenaknya usahakan disimpan pada tempat yang tidak memungkinkan untuk diambil sesuka hati seperti Celengan
• Untuk memudahkan dalam mengatur pengeluaran adalah dengan memisahkan pengeluaran-pengeluaran yang telah dicatat. Sebagai contoh adalah dengan memisahkan uang pada sebuah amplop dengan memberi nama pada amplop tersebut.

cara ke dua

• Setiap awal bulan, pikirkan apa yang akan menjadi sumber pemasukan kamu untuk minggu-minggu ke depannya. Apakah kamu akan memiliki pemasukan dari pekerjaan paruh waktu? Apakah kamu akan menerima uang dari orang-tua kamu? Sisihkan jumlah standar untuk digunakan persediaan kuliah dan rekreasi serta taruh sisanya untuk tabungan pribadi.

• Minimalkan penggunaan kartu kredit dan buat penggunaan pembayaran minimum bulanan tepat waktu. Selain itu, seimbangkan pembayaran secara penuh setiap bulannya. Gunakan kartu kredit hanya untuk keadaan darurat, tidak untuk hiburan atau berbelanja.

• Bekerja sepanjang liburan, atau paruh waktu selama kuliah untuk menjadikan level hutang kamu rendah. Setidaknya kamu jadi tidak berhutang karena ada tambahan. Bisa dengan menjaga warnet, guru les, penulis lepas, dan lain-lain.

• Tetaplah menggunakan layanan kampus, hindari pilihan-pilihan mahal untuk televisi kabel, layanan telepon, cemilan-cemilan. Misalnya, daripada pergi ke warnet lebih baik gunakan fasilitas gratis internet kampus.

• Jika memungkinkan, gunakan transportasi publik.

• Jika kamu tidak memiliki paket handphone rendah biaya, pikirkan menggunakan email atau Instant Messenger, atau juga Facebook dan Twitter.

• Pulang bersama dengan teman-teman lain untuk menghemat ongkos. Bawa sendiri makanan ringan kegemaran kamu. Bila lokasi rumah atau kost tidak terlalu jauh, pilihlah berjalan kaki. Murah dan sehat bukan?

• Pikirkan kemungkinan tinggal di rumah bukan kost, jika itu bisa menjadi pilihan buat kamu. Carilah pinjaman dana tunai atau pinjaman tanpa angunan dengan teliti, dan perhatikan pengeluaran dan pemasukan anda setiap bulannya tentunya pilihlah yang bunganya ringan, sehingga tidak membebankan kamu.

 jika keuangan mulai menipis dan uang dari orang tua belum juga dikirim sedangkan banyak kebutuhan mendesak yang harus segera diselesaikan,maka alternatif terakhirnya adalah dengan cara meminjam ke saudara atau teman. Berikut ini tips meminjam dengan pintar:
• Sebelum meminjam, telaah terlebih dahulu semua pilihan untuk dana bantuan (uang gratis) yang memungkinkan seperti dari saudara, tempat ibadah, yayasan, perusahaan, organisasi pelayanan. Atau cari beasiswa secara online.

• Pinjam apa yang hanya kamu butuhkan.
 


sumber:  suarausu-online.com
              blog.ngaturduit.com

0 komentar:

Posting Komentar