Senin, 11 Oktober 2010

BATIK FROM BANYUMAS

     Indonesia adalah Negeri yang kaya akan budaya dan kesenian tradisional, diantaranya adalah seni batik.    Batik sendiri mempunyai berbagai macam gaya dan motifnya pun berbeda-beda.
Batik Banyumasan merupakan salah satu yang mempunyai ciri pola batik tersendiri yakni tegas dan besar-besar, dengan  ornamen tanaman dan binatang dengan warna yng dominan gelap mengikuti ciri khas batik pedalaman.warna batik tersebut identik dengan orang Banyumas dengan karakter cablakanya, yakni saat berbicara itu apa adanya tidak dibuat-buat. Kecenderungan tersebut digambarkan dengan warna coklat atau agak gelap .terdapat kurang lebih 150 motif batik banyumas. Adapun nama-nama motif seperti lumbon, jae srimpang, serayon, puger, rengga, gandasubrata, dll.
     Permasalahan regenerasi pembatik yang selalu menjadi kendala hingga kini menjadi alasan logis yang harus diterima,dikarenakan kurangnya minat anak muda sekarang akan batik yangmenjadi budaya dan salah satu warisan dunia menjadi salah satu alasannya.
    Dalam Proses Pembuatannya, batik ini menggunakan media mori, sutra dan lain sebagainya. dalam proses pembuatan batik ini memakan waktu cukup ama kisaran 1 - 2 bulan untuk 1 kain batik.
    Kita sebagai kaum muda saat ini harus lebih mencintai batik senagai suatu budaya yang harus terus di lestarikan






sumber: www.kompas.com
             batik-h-mruyung.com

0 komentar:

Posting Komentar