Senin, 11 Oktober 2010

mengoptimalkan manfaat susu untuk wanita

  Penampilan yang sempurna merupakan hal yang sangat penting bagi wanita. memang, tubuh yang ideal tidak hanya enak dipandang tapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan sekarang dan masa depan. Susu, dalam hal ini, mempunyai peran tersendiri sebagai bagian dari cara mencapai penampilan yang ideal. dengan semakin pedulinya konsumen wanita terhadap penampilan dan didukung oleh inovasi industri ingriden, kini industri susu semakin dapat mengembangkan produknya untuk segmentasi konsumen tersebut.

Untuk menilai apakah berat badan sudah ideal atau belum, dapat menggunakan IMT (indeks masa tubuh), dimana IMT = berat (kg)/tinggi (m). jika nilai IMT kurang dari 18,5 dan 22,9, tubuh termasuk normal. berat badan termasuk berlebih jika IMT lebih dari 22,9.

selain IMT, presentase lemak tubuh juga merupakan indikator tubuh ideal yang objektif. presentase lemak tubuh wanita dikatakan normal jika berkisar antara 17%-27%. tidak jarang seorang wanita mempunyai tubuh langsing jika presentase lemaknya tinggi. hal ini biasanya terlihat dari kurang kencangnya tubuh wanita tersebut.

pembentukan tubuh yang ideal

metode penurunan berat badan yang disarankan oleh NHLBI (National heart, lung, and blood intitute) adalah diet rendah kalori (800-1200 kalori/hari untuk wanita) dengan penurunan berat  badan sekitar 0,5 sampai 1 kg per minggu. tentunya diet tersebut harus tetap diikuti dengan gizi yang seimbang.

peran susu

susu sudah dikenal sebagai sumber gizi yang sangat penting, selain mengandung vitamin, mineral dan protein, susu juga merupakan sumber kalsium yang sangat penting untuk mencegah osteoporosis. disamping kalsium, susu juga mengandung mineral lain seperti fosfor dan magnesium yang mengoptimalkan kalsium kedalam tulang.

dewassa ini banyak penelitian yang menunjukan manfaat lain dari kalsium, yaitu untuk penurunan berat badan terutama berat lemak. penelitin-penelitian ilmiah menunjukan bahwa konsumsi kalsium yang cukup secara teratur mempunyai asosiasi kuat terhadap rendahnya lemak tubuh seseorang, dengan manfaat susu tersebut, sebaliknya susu tetap dikonsumsi meski seseorang sedang dalam program penurunan berat badan.







0 komentar:

Posting Komentar