Rabu, 13 Oktober 2010

khasiat cokelat hitam tak sekelam sosoknya





hitam sering dipandang lebih rendah dari putih. pendekar ilmu hitam misalnya selalu kalah sakti dari pendekar ilmu putih. namun, jangan coba-coba untuk memakai rumus yang sama untuk cokelat hitam. pasalnya, khasiat coklat hitam jauh melebihi coklat putih !

Khasiat cokelat hitam sudah terlihat dari kandunangannya. sebagai makanan baik makanan yang dikemas dalam bentuk snac maupun bar- ia dibuat langsung dari bubuk biji cokelat yang diolah dengan tambahan gula, susu, serta flovouring (bumbu penyedap dan pewangi). bubuk biji tanaman obat sendiri diyakini mengandung bahan aktif. salah satunya, anggota geng flavonoid, epikatekin yang termasuk antioksidan kuat.
sedangkan cokelat putih terbuat dari bahan dasar lemak cokelat, ditambah gula, susu, lesitin dari susu kedelai, serta flavouring. "itu sebabnya, ia tidak mengandung zat aktif dan khasiat seperti yang dimiliki cokelat hitam".
hanya itukah keunggulan si Hitam Manis yang membuat banyak orang kecanduan ini?? tentu saja tidak.

Cegah penggumpalan
Manfaat senyawa flavonoid yang dipunyai cokelat hitam masih menyimpan cerita yang sangat pannjjjaaanng. termasuk berbagai misteri yang sampai saat ini belum terpecahkan. sejak lama flavonoid kelompok antioksidan yang juga ditemukan pada tanaman teh, sebagian besar buah-buahan dan sayur-sayuran itu, dicurigai sebagai dalang bebagai khasiat cokelat hitam.
riset membuktikan 1,5 ons batang cokelat hitam kira-kira memiliki 800 mg antioksidan, hampir sama jumlahnya (atau boleh jadi lebih banyak) dengan antioksidan yang terdapat di secangkir teh hitam atau red wine. selain jumlahnya, mutu flavonoid biji coketal pun diakui kehebatannya. disebuah simposium gawean american academy for the advancement of science beberapa waktu lalu , sang flavonoid mendapat pengakuan sebagai antioksidan mumpuni.
para peneliti yakin senyawa itu dapat menetralkan efek buruk radikal bebas yang berniat menghancurkan sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh. mereka dipercaya mampu menetralkan oksidasi low-density lipoprotein (LDL alias koresterol jahat), sehingga mencegah penyumbatan pada dinding pembuluh darah arteri. jadi, epikatein dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah.

Sembuhkan batuk
Selain mencegah penyakit jantung, cokelat hitam juga dipercaya dapat melindungi tubuh dari serangan stroke. sebuah penelitian diuniversity of california mengungkapkan, cokelat hitam mencegah pembekuan darah. seperti diketahui, membekunya darah merupakan salah satu kondisi seseorang terkena stroke. sejumlah peneliti bahkan menyebutkan bahwa cokelat hitam memiliki kemampuan setara dengan aspirin, selama ini dikenal sebagai obat anti pembekuan darah. meski belum ada penelitian khusus cokelat hitam juga dipercaya berkhasiat mengobati penyakit batuk. versi para ahli, zat kimia yang ditemukan dalam cokelat hitam bahkan diklaim lebih manjur ketimbang obat batuk konvensional. cuma sekedar klaim, atau sudah ada bukti nyata?? kalau masalah yang ini betul. cokelat ini emiliki senyawa yang disebut teobromin. senyawa itulah yang berperan untuk mencegah batuk. teobromin bekerja pada ujung saraf sensorik vagus untuk menekan batuk. ini juga termasuk kelebihan cokelat hitam yang tidak dimiliki cokelat putih.

0 komentar:

Posting Komentar